Workshop Search Engine Optimisation (SEO)

Pembicara pada seminar Search Engine Optimisation adalah Philipus Yusenda selaku Trainer dari Gapura Digital. Seminar ini di moderator oleh Panitia Penyelenggara dari BDI Denpasar. Materi yang dibawakan oleh Philipus Yusenda adalah materi tentang Pengenalan dan Pendalaman SEO yang merupakan salah satu teknik online marketing yang dapat meningkatkan brand awareness dan konversi penjualan/transaksi.  Seminar ini dibagi menjadi 3 sesi yaitu sesi materi, sesi praktik, dan sesi studi kasus dengan rincian sebagai berikut.
Sesi pertama yaitu materi membahas tentang pengenalan dan pendalaman SEO. Narasumber menjelaskan bahwa SEO adalah suatu proses untuk mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian organik dari mesin pencari, dengan target utama yaitu muncul paling atas (peringkat pertama) pada hasil pencarian organik. Pentingnya website muncul pada peringkat pertama/awal dalam hasil pencarian di halaman pertama adalah dapat bertambah banyak klik (atau kunjungan) dari para pengguna internet ke situs tersebut, dibandingkan jika situs anda tidak muncul di halaman 1 hasil pencarian mesin pencari. Dengan banyaknya pengguna yang meng-klik ke website anda dan mencari informasi di dalam website Anda, berarti anda memperoleh traffic (lalu lintas) pengguna yang berpotensi menjadi pelanggan bisnis anda. SEO dilakukan dengan meningkatkan kualitas relevansi konten pada website dengan kata kunci pencarian, sehingga nantinya memperoleh pengunjung dengan minat tinggi, juga dapat meningkatkan kepercayaan pada brand bisnis anda. Dengan SEO yang baik, maka memperoleh semakin banyak pengunjung yang memutuskan untuk membeli produk/bisnis anda dengan hasil akhir yaitu meningkatnya penjualan/transaksi. 
Sesi kedua, yaitu sesi praktik dengan mencoba membuat kampanye digital berdasarkan kategori produk/jasa. Peserta diminta membuat grup iklan di Google Adwords berdasarkan jenis produk sesuai kategori dan diwajibkan membuat secara detail grup iklan agar SEO nya relevan. Rangkuman pada sesi kedua yaitu peserta diminta Mencari kata kunci yang cocok dengan kampanye, peserta di tugaskan Membuat kalimat iklan yang baik, Peserta diminta Membuat konten situs menjadi SEO-friendly, dan peserta dapat Mengetahui tools pendukung yang membantu menganalisa SEO. Hasil dari sesi kedua ini adalah peserta dapat mempraktikkan membuat iklan yang berkualitas dan berperingkat tinggi di mesin pencari online.
Sesi Ketiga, yaitu sesi studi kasus yaitu dengan mencoba mempraktikkan materi SEO selama seminar kepada salah satu website peserta. Peserta dengan website undangan online memperoleh kesempatan untuk menjadi studi kasus dalam seminar ini. Langkah pertama yaitu website di cek melalui google search console apakah sudah memenuhi unsur SEO yang baik dan benar. Selanjutnya dilakukan editing pada Meta Tags di backend website. Hasil akhir dari studi kasus ini adalah website mampu memperoleh Quality score tinggi pada search engine dan posisi iklan tinggi di halaman pertama.

>

Pembicara pada seminar Search Engine Optimisation adalah Philipus Yusenda selaku Trainer dari Gapura Digital. Seminar ini di moderator oleh Panitia Penyelenggara dari BDI Denpasar. Materi yang dibawakan oleh Philipus Yusenda adalah materi tentang Pengenalan dan Pendalaman SEO yang merupakan salah satu teknik online marketing yang dapat meningkatkan brand awareness dan konversi penjualan/transaksi.  Seminar ini dibagi menjadi 3 sesi yaitu sesi materi, sesi praktik, dan sesi studi kasus dengan rincian sebagai berikut.
Sesi pertama yaitu materi membahas tentang pengenalan dan pendalaman SEO. Narasumber menjelaskan bahwa SEO adalah suatu proses untuk mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian organik dari mesin pencari, dengan target utama yaitu muncul paling atas (peringkat pertama) pada hasil pencarian organik. Pentingnya website muncul pada peringkat pertama/awal dalam hasil pencarian di halaman pertama adalah dapat bertambah banyak klik (atau kunjungan) dari para pengguna internet ke situs tersebut, dibandingkan jika situs anda tidak muncul di halaman 1 hasil pencarian mesin pencari. Dengan banyaknya pengguna yang meng-klik ke website anda dan mencari informasi di dalam website Anda, berarti anda memperoleh traffic (lalu lintas) pengguna yang berpotensi menjadi pelanggan bisnis anda. SEO dilakukan dengan meningkatkan kualitas relevansi konten pada website dengan kata kunci pencarian, sehingga nantinya memperoleh pengunjung dengan minat tinggi, juga dapat meningkatkan kepercayaan pada brand bisnis anda. Dengan SEO yang baik, maka memperoleh semakin banyak pengunjung yang memutuskan untuk membeli produk/bisnis anda dengan hasil akhir yaitu meningkatnya penjualan/transaksi. 
Sesi kedua, yaitu sesi praktik dengan mencoba membuat kampanye digital berdasarkan kategori produk/jasa. Peserta diminta membuat grup iklan di Google Adwords berdasarkan jenis produk sesuai kategori dan diwajibkan membuat secara detail grup iklan agar SEO nya relevan. Rangkuman pada sesi kedua yaitu peserta diminta Mencari kata kunci yang cocok dengan kampanye, peserta di tugaskan Membuat kalimat iklan yang baik, Peserta diminta Membuat konten situs menjadi SEO-friendly, dan peserta dapat Mengetahui tools pendukung yang membantu menganalisa SEO. Hasil dari sesi kedua ini adalah peserta dapat mempraktikkan membuat iklan yang berkualitas dan berperingkat tinggi di mesin pencari online.
Sesi Ketiga, yaitu sesi studi kasus yaitu dengan mencoba mempraktikkan materi SEO selama seminar kepada salah satu website peserta. Peserta dengan website undangan online memperoleh kesempatan untuk menjadi studi kasus dalam seminar ini. Langkah pertama yaitu website di cek melalui google search console apakah sudah memenuhi unsur SEO yang baik dan benar. Selanjutnya dilakukan editing pada Meta Tags di backend website. Hasil akhir dari studi kasus ini adalah website mampu memperoleh Quality score tinggi pada search engine dan posisi iklan tinggi di halaman pertama.