Kampoeng IT BCIC 2019

Dalam upaya meningkatkan pertumbuhan industri kreatif di Bali, Balai Diklat Industri Denpasar bersama DILo Denpasar melaksanakan Acara Kampung IT BCIC 2019. Acara tahun ini merupakan yang keempat kali dilaksanakan dengan menyajikan serangkaian kegiatan mulai dari Lomba Ide Bisnis Digital, Lomba Coding Aplikasi, Lomba Data Science, Kompetisi Esport, Seminar Kewirausahaan, parade film animasi hasil program Teaching Factory Produksi Film , hingga pameran produk digital dan kerajinan kreatif. 
Kegiatan ini dilakasanakan sebagai perwujudan lima fungsi Bali Creative Industry Center Balai Diklat Industri Denpasar yaitu: Pusat Inovasi dan Kekayaan Intelektual, Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Pusat Promosi dan Pemasaran, Pusat Pengembangan Industri Software dan Konten, serta Pusat Inkubasi Bisnis. 

Acara dipusatkan di Area eksebisi, Gedung Animasi Lantai 1, Komplek Bali Creative Industri Center Jl. WR. Supratman no.302, Tohpati, Denpasar. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali dan dihadiri oleh para undangan dari Kementerian Perindustrian RI, Instansiinstansi pemerintah daerah di Provinsi Bali, para undangan dari BUMN, perusahaan swasta, media, asosiasi dirangkaikan dengan acara pelepasan tenant Inkubator Bisnis Tohpati angkatan ke-5.  Adapun peserta pameran adalah mahasiswa Perguruan Tinggi, industri, asosiasi, komunitas, alumni Inkubator bisnis Tohpati dan penggiat industri kreatif digital di Kota Denpasar dan sekitarnya. 

Menurut Kepala Balai Diklat Industri Denpasar, Drs. Paryono, MM, “Kegiatan sudah dilakukan secara rutin selama seyiap tahunnya dan diharapkan bisa meningkatkan minat generasi muda untuk meningkatkan kompetensi dibidang teknologi mendukung implementasi Industri 4.0 yaitu program Making Indonesia 4.0 , tergerak menjadi wirausahawan dibidang industri kreatif agar mampu menciptakan lapangan kerja baru, mengurangi tingkat pengangguran, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah”. 

Sebagai hasil kegiatan antara lain tim-tim terpilih dengan ide terbaik dari Lomba Ide Bisnis yang diadakan pada acara ini akan dibina dalam lebih lanjut dalam program Inkubator Bisnis Tohpati Balai Diklat Industri Denpasar, dan para peserta lomba coding dan data science selanjutnya akan diwadahi dalam komunitas untuk pengembangan kompetensi lebih lanjut.