Peserta Diklat Animasi dengan Skema 3 in 1 Dipastikan Dapat Kerja

Balai Diklat Industri Denpasar mengadakan diklat Pembuatan Aset Animasi 3 Dimensi Angkatan XIII dan Pembuatan Gerak Animasi 3 Dimensi Angkatan XXII, di Bali Creative Industry Center, Denpasar, Bali, Rabu (28/8/2019). Diklat atau pelatihan ini menggunakan skema 3 in 1 yang memastikan pesertanya akan mendapatkan sertifikat dan pekerjaan setelah mengikuti diklat.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI), Eko S A Cahyanto mengatakan peserta diklat 100 persen akan memiliki pekerjaan.
"Jadi diklat ini menggunakan skema 3 in 1, yang terdiri dari pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja. Jadi yang diklat di sini 100 persen akan bekerja," ujar Eko S A Cahyanto selaku Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI). Kegiatan ini akan berlangsung selama 30 hari ke depan. Cahyanto menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud dukungan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perindustrian terhadap perkembangan industri animasi, terutama dari sisi aspek penyiapan SDM industri animasi yang kompeten dalam waktu singkat.

"Metode pembelajaran yang diberikan adalah praktek kerja jadi bukan lagi teori. Praktek pembuatan animasi 80% dan 20% soft skill," tuturnya.
Para peserta program diklat 3 in 1 animasi berasal dari seluruh Indonesia. "Peserta diikuti oleh 48 orang mulai dari Aceh, Lampung, Banten, Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Jogja," kata Cahyanto.
Para peserta selama program tidak dipungut biaya dan difasilitasi penuh mulai dari transportasi, konsumsi, hingga akomodasi selama mengikuti program.
"Mereka hari ini datang difasilitasi oleh Kementerian Perindustrian, mulai dari transportasinya, akomodasinya, konsumsinya. Kita mengharapkan setelah keluar dari sini mereka menjadi orang-orang yang unggul yang siap kerja, itu dibuktikan dengan sertifaksi," jelasnya. 

Para peserta akan dididik dan dilatih oleh instruktur yang merupakan praktisi industri, serta akan diuji kompetensinya di akhir pelatihan oleh para asesor dari LSP BDI Denpasar. Pada akhir program para peserta diharapkan siap ditempatkan langsung pada perusahaan-perusahaan animasi nasional.
Tahun 2019 ini Balai Diklat Industri Denpasar menargetkan mampu menghasilkan lulusan pendidikan dan pelatihan hingga 2.000 orang.
Berbagai program pelatihan telah dilaksanakan dari awal Januari dan berakhir bulan Desember, yang meliputi pelatihan di bidang animasi, programing dan desain grafis.

Tidak hanya Diklat 3 in 1, pembinaan sumber daya manusia industri kreatif yang dilaksankan juga mencakup program kewirausahaaan melalui Inkubator Bisnis Tohpati dan bengkel kerajinan BIKIN Makerspace.